Pages

Istilah Istilah dalam Hardware PC

Penulis : Archshadows | Sunday, December 2, 2012

Hai sobat bloger, iseng iseng ane mau share nih. Bagi sobat yang mungkin masih awam mengenai komponen-komponen atau bagian-bagian dalam dari komputer apa saja, mungkin postingan ini bisa membantu sobat dalam mengetahui penjelasan dari istilah-istilah di dalam komponen komputer.

BIOS : Basic Input Sistem, software yang dipasang pada chip computer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, hardisk, memory, vga dll.

BUS : saluran yang tediri dari sekumpulan jalur yang sejenis. Sekumpulan kabel yang merupakan alat transporatasi informasi ke semua peralatan dalam system. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.

Cache Memory : memory berkecepatan tinggi yang mampu berkejasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memory utama yang lamban.
Casing : kotak tempat mesin computer.

CD ROM : alat pemutar CD-ROM. Suatu drive untuk merekam atau memainkan compact disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM ( CD Read Only Memory ), MO ( Magneto-Optical ) dan WORM ( Write Once Read Memory ).

CMOS : Complementary Metal Oxide Semiconductor, ram kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat computer sedang dimatikan.

CPU : Central Prosessing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor,sedang dlam pengertian umum adalah mesin computer yaitu casing beserta semua isi dalamnya.

CRT : Catoda Ray Tube teknologi yang dipakai untuk membuat system tampilan/monitor computer menggunakan tabung sinar katoda.

Hardisk : Media penyimpanan data berkapasitas besar.

Motherboard : papan rangkaian computer tempat semua komponen elektronik computer terangkai.

PIC ( Programable Interupt Controller ) : kendali sela terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar peripheral.

Power Suply : suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus pada peralatan.

Kayaknya baru sedikit yang ane tau, tapi walaupun sedikit postingan ini berguna buat agan yang pengen belajar mengenai Hardware PC. Sekian untuk postingan kali ini, CMIIW!!

Thanks For Reading ^_^.

2 Comments:

Dangstars said...

Terimakasih info jargonnya

Archshadows said...

Sama sama gan, makasih juga udah nyempetin mampir kesini (^o^)

Post a Comment