Pages

Apa itu Modding?

Penulis : Archshadows | Tuesday, September 10, 2013

Gravity-Tutor - Selamat Siang!! Apa kabar sobat blogger, lama gak posting akhirnya saya mendapat ide untuk membuat postingan yang berkaitan dgn Handphone. Apakah itu...? Yak benar... MODDING!! langsung aja ane kasih sedikit penjelasan tentang moding...

Saat kita membeli handphone dalam hal ini yang saya maksud “Sony Ericsson” memiliki fitur diberikan adalah Telpon, SMS, Mp3, Radio, Kamera, Games, Video, Aplikasi dan berbagai fitur standar lainya. Fungsi2 tersebut merupakan bawaan pabriknya, tentunya sesuai spesifikasi Handphone. Tetapi yang namanya manusia tidak pernah merasa puas. Apalagi dalam hal kecanggihan gadget. Kita ingin menambah fitur baru, suara yang lebih jernih dan keras, kualitas hasil jepretan kamera ponsel yg lebih tajam, dan lain sebagainya. Bagaimana kita bisa mendapatkan semua itu? Beli aja gadget yang lebih canggih, kalau gitu mah smua orang juga bisa, tapi harga dan kreatifitas yang jadi prioritas, Di sini lah modding diperlukan.

Modding memiliki arti memodifikasi sebuah posel atau oprek-mengoprek jeroan dari ponsel. Dimana kita memodifikasi ponsel baik secara software (perangkat lunak) yang biasa disebut firmware, maupun hardware (perangkat keras) yaitu fisik ponsel itu sendiri, atau dengan Modding kita bisa menyulap sebuah ponsel standar menjadi tidak satandar.

Contoh Modding Ponsel SONY ERICSSON J108i a.k.a Cedar:


Dengan kreatifitas modding kita bisa memaksimalkan fitur ponsel, contoh sederhanyanya pada Sony Ericsson contohnya, ponsel seri K biasanya lebih menonjolkan multimedia camera berbeda dengan seri W yang di khususkan untuk pecinta music, karena itulah para modifer sony ericsson memoding seri K agar ponsel nya tampil seperti seri W.

Contoh Modding Ponsel SE K750i menjadi w800i:
 
Berikut Istilah di dunia Modding:

Firmware : Software / perangkat lunak yang dibuat oleh vendor (perusahaan pembuat ponsel) untuk mengoperasikan fitur-fitur ponsel, yang terdiri dari beberapa bagian yang lebih kecil.

Flashing : Proses memasukkan firmware ke ponsel.

Patching : Proses memodifikasi sebagian dari firmware dengan mengganti byte-byte data yang sudah ada dengan nilai yang baru, dengan tujuan memanipulasi sistem ponsel untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Misal: fitur baru, menon-aktifkan suatu fitur yang dianggap mengganggu, dan lainsebagainya.

FS (File System) : Bagian dari firmware yang berfungsi untuk menyimpan file-file konfigurasi agar ponsel dapat digunakan sebagaimana mestinya, yang sekaligus berfungsi sebagai tempat internal memory/phone memory ponsel.

MAIN / FLASH : Bagian utama firmware yang berfungsi sebagai Operating System (OS) ponsel yang mengoperasikan fungsi fungsi ponsel itu sendiri.

Backup : Membuat salinan -data / file-file penting, sebelum melakukan modifikasi terhadap ponsel, agar jika hasilnya tidak sesuai keinginan maka file-file yang sudah dibackup tadi dapat dikembalikan/di-restore lagi ke ponsel.

Restore : Mengembalikan file-file / data-data yang sudah di-backup dengan tujuan mengembalikan keadaan seperti sebelumnya.

Upload : Mengcopy file dari komputer ke FS (File System) ponsel.

Download : Mengcopy file dari FS (File System) ponsel ke komputer untuk dimodifikasi atau di-backup.

Finalize / Finalizing : Tahap terakhir dalam proses full flashing, yaitu proses mengcopy file-file konfigurasi / settingan ponsel yang paling utama, beserta file-file sertifikat Java ke FS (File System) ponsel, agar ponsel dapat digunakan kembali setelah mengalami full flashing.

Full flashing : Proses flashing yang dilakukan pada bagian MAIN dan FSponsel.

Partial flashing : Proses flashing yang dilakukan hanya pada bagian MAIN saja, atau hanya pada bagian FS saja.

Cross flash : Flashing suatu tipe ponsel dengan menggunakan firmware tipe ponsel lain yang memiliki spesifikasi sama dengan ponsel tersebut. Misal : Cross flash K750i dengan firmware W800i.

Update firmware : Proses meng-update firmware ponsel dengan firmware yang versinya lebih baru / aktual, dengan tujuan menghilangkan bugs-bugs pada versi firmware sebelumnya.

Bug : masalah masalah yang belum terdeteksi (tidak diketahui) , biasanya vendor baru mengetahui terjadinya bugs pada saat ponsel telah diluncurkan di pasaran. Masalah ini dikarenakan oleh kesalahan firmware ponsel. Sehingga semua ponsel dengan tipe yang sama yang menggunakan versi firmware yang sama, akan mengalami masalah yang sama. Misal: Baterai yang tidak dapat di-charge sampai 100% penuh.

Customize / Customizing : Modding yang dilakukan pada FS (File System) ponsel dengan tujuan mengkostumisasi tampilan ponsel. Biasanya dilakukan untuk mengganti tampilan icon-icon menu yang sifatnya standar menjadi lebih menarik.


Sekian penjelasan tentang modding dari saya, untuk selebihnya akan dibahas pada artikel selanjutnya. CMIIW!! ^^v
Terimah kasih telah membaca artikel saya ini, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, karena saya juga manusia biasa. Selamat siang dan selamat beraktivitas ^_^

1 Comments:

Anonymous said...

Gravity-Tutor: Apa Itu Modding? >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Gravity-Tutor: Apa Itu Modding? >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Gravity-Tutor: Apa Itu Modding? >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK u3

Post a Comment